Sunday, January 20, 2013

#CeritaMacau : Ruins of St. Paul's

Macau punya satu bangunan khas, bangunan iconic yang unik. Ruins of St. Paul's. Bangunan ini adalah reruntuhan dari sebuah gereja yang (sepertinya) pada masa lalu adalah gereja katedral yang besar dan megah. Kini, bangunan itu hanya tersisa bagian depannya saja. Namun, itu menjadikannya beda dengan bangunan lainnya, menjadikannya landmark paling terkenal di Macau.

Jika diperhatikan dari dekat, gereja tua ini sangat menarik. Bangunannya cukup kokoh, meski jelas terlihat usianya sangat tua. Pilar-pilarnya masih terlihat tegap, meski sudah banyak yang gompel. Ukiran-ukiran batunya sangat artistik.  Patung-patungnya elegan. Siapa pun yang mendesain bangunan gereja ini, punya citra rasa seni tinggi. 

Di bagian belakang, terdapat tiang penyangga yang solid---untuk menopang bangunan berumur yang cukup berisiko untuk roboh. Ada juga semacam kuburan, jumlahnya cukup banyak, yang ditutup dengan kaca bening berisi bebatuan. Ini semacam memorial, untuk mengenang para korban pada saat badai dan kebakaran yang menyebabkan gereja itu hanya tersisa bagian depannya saja.

Daerah sekitar reruntuhan ini cukup indah. Ada anak tangga yang lebar dan cukup panjang. Di sebelah tangga itu ada kumpulan tanaman hijau serta bunga dan lampu-lampu yang berkolaborasi menjadi taman yang indah. Di bagian timur gereja, ada sebuah benteng tua peninggalan Portugal, Monte Fort.

Menemukan tempat ini sangat mudah. Jika Anda sudah sampai di Senado Square, hampir mustahil untuk tidak menemukannya. Apalagi, tempat ini menjadi pusat buruan turis. Ikuti papan penunjuk jalan atau tanya orang-orang di sekitar Senado, dijamin Anda akan menemukannya.

Ruins of St Paul's

No comments:

Post a Comment