Monday, January 14, 2013

#CeritaHongKong : Tips Jalan-Jalan Ke Hong Kong

Saya baru sekali ke Hong Kong. Hanya empat hari. Mungkin pengalaman saya kurang banyak. Namun berdasarkan pengalaman saya yang hanya sedikit itu, saya ingin membagikan hal-hal yang cukup penting agar bagi siapapun yang ingin pergi ke Hong Kong dan membaca tulisan ini punya tambahan informasi. Setidaknya tahu hal-hal penting yang mungkin bermanfaat.

1. Browsing Internet

Ya, saya tahu, mungkin Anda akan berkata semua orang pasti melakukan ini. Ya memang, saya yakin semua traveler pasti sudah melakukan riset kecil sebelum berangkat. Saya hanya ingin mengingatkan. Carilah kata Hong Kong di Google maka akan muncul alamat website ini http://www.discoverhongkong.com. Website ini sangat bermanfaat. banyak tempat-tempat penting diulas di situ, lengkap dengan bagaimana caranya menuju ke sana dan alamatnya.

2. Octopus Card

Kartu elektronik isi ulang ini adalah salah satu benda penting yang harus dimiliki di Hong Kong.  Octopus Card dapat diperoleh di bandara dan di setiap stasiun MTR. Kartu ini bisa digunakan untuk membayar tiket MTR, bus, dan bahkan berbelanja di mini market.

Harganya $HK150, dimana $HK50-nya adalah deposit. Kartu ini masih bisa digunakan meski saldonya sudah tidak mencukupi dan bahkan minus, namun kondisi ini hanya bisa dilakukan sekali saja, setelah itu harus segera diisi ulang. Octopus Card juga memberikan diskon pada toko-toko tertentu.

Dengan kartu ini, pembayaran menjadi lebih efektif dan efisien. Octopus Card akan membuat hidup Anda menjadi lebih mudah selama di Hong Kong.

3. Jangan Penuhi Tas Ketika Berangkat

Hong Kong adalah surga belanja. Meski Anda berniat untuk berhemat, namun daya tarik barang-barang bagus dengan harga murah akan terlalu kuat dan sulit dilawan. Sangat disayangkan jika tidak membeli apa-apa di sana. Ada baiknya membawa uang ekstra, khusus untuk berbelanja.

Untuk backpacker yang enggan membeli bagasi, ada baiknya ketika berkemas sebelum berangkat, bawalah sedikit pakaian. Misalnya Anda di sana 4 hari, bawalah pakaian untuk persedian 2 hari saja. Selebihnya silahkan berbelanja di sana. Atau kalau perlu, pada saat berangkat gunakan sendal jepit, tak perlu membawa sepatu. Setelah itu berburulah sepatu di Fa Yuen Street.

4. Taksi Tidak Dibutuhkan

Untuk sekedar jalan-jalan di Hong Kong, saya rasa jasa taksi tidak dibutuhkan. Sistem transportasi di Hong Kong sudah maju. MTR dan setiap bus-nya sangat nyaman dan efektif digunakan. 

Gunakan bus dari airport dan menuju ke airport. Gunakan MTR untuk menjelajah kota. Selain itu, yang dibutuhkan di Hong Kong adalah kaki yang kuat, karena di Hong Kong, Anda hanya perlu berjalan kaki sepanjang hari.

5. Menginap Di Kowloon

Lokasi paling strategis di Hong Kong adalah di daerah Kowloon. Segala pusat atraksi tidak jauh dari sana. Stasiun MTR dekat, halte bus dimana-mana. Pelabuhan feri juga dekat. Banyak untungnya jika menginap di sana. Dan penginapan di Kowloon tarifnya relatif lebih murah jika dibandingkan dengan tempat lain. Chungking Mansions salah satunya. Di sana banyak penginapan murah, walau hanya dengan fasilitas seadanya.

6. Sediakan Waktu Untuk Ke Macau

Jika Anda punya waktu lebih dari dua hari di Hong Kong, sediakan 1 hari untuk berkunjung ke Macau. Macau tidak jauh dari Hong Kong. Dapat ditempuh hanya dengan lebih dari 1 jam menggunakan feri. Sangat disayangkan jika tidak mampir ke sana. Tidak ada salahnya, untuk menambah pengalaman dan koleksi cap di paspor Anda. Atau mungkin ingin bermain judi? Siapa tahu Anda sedang beruntung dan pulang-pulang jadi jutawan

7. Tidak Perlu Khawatir Soal Makanan

Selain surga belanja, Hong Kong adalah surga kuliner. Di Hong Kong banyak makanan enak. Banyak kedai-kedai makanan di pinggir jalan yang menggoda. Cobalah wonton noodle, dim sum, atau makanan lain khas Hong Kong. Dan bagi yang khawatir makanan di sana haram, di sana bertebaran banyak bertebaran restoran fast food. Sangat mudah ditemukan, dan harganya pun masuk akal. 

Namun seperti pada umumnya menu fast food di sana berbeda dengan di Jakarta. KFC misalnya, di Hong Kong tidak menjual potongan dada. Dan menunya sedikit aneh. Pizza Hut pun di sana pun adalah restoran mewah. Harganya mahal. Yang paling bersahabat adalah McDonalds. Menu-menunya tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, dan yang mengejutkan, harganya lebih murah.

No comments:

Post a Comment