Saturday, January 19, 2013

#CeritaMacau : Egg Tart Pastelaria Koi Kei

Hal yang paling berkesan buat saya selama di Macau bukan bangunannya, bukan casinonya, bukan hotel mewahnya, bukan tingkah laku warganya, dan bukan juga budayanya. Yang sangat membekas di hati saya adalah sebuah kue tar telur khas Portugal buatan Pastelaria Koi Kei.

Dari Senado Square saya menuju Ruins of St. Paul's. Saya melewati sebuah gang yang penuh sesak oleh manusia. Di tengah perjalanan, ada sesuatu yag menarik perhatian mata saya. Sebuah toko bernama Pastelaria Koi Kei, yang saat itu sedang ramai oleh pengunjung. Seketika, saya menghentikan langkah dan masuk ke toko itu.

Diantara banyaknya makanan yang dijual di sana---dendeng,roti, dan bermacam-macam jenis kue, ada satu kue yang sangat menggoda saya. Sebuah Potuguese Egg Tart yang dipajang di depan toko. Bentuknya bulat, tidak terlalu besar, pinggirannya terlihat garing berwarna cokelat, tengahnya kuning keemasan bercampur sedikit cokelat kemerahan, tanda kue itu dipanggang. Tanpa banyak pertimbangan, segera saya mengeluarkan uang $HK7 untuk membeli sebutir kue itu.

Saya menggigit kue itu, dari bagian samping hingga ke tengah. Dan seketika mata saya memejam, dan kemudian mulut bergumam. Ah, nikmatnya.... saya pasti telah mati dan ada di surga. Ah tidak, ternyata saya masih hidup. Saya baru saja dibawa ke surga oleh egg tart ini. Sungguh kue yang sensasional. Kelezatannya benar-benar istimewa. Pinggirannya garing dan renyah, adonan telur di tengahnya sungguh nikmat. Ada sedikit rasa karamel, mentega, susu dan wangi kayu manis yang semerbak. Tidak berminyak. Tidak juga terasa hangus. Kue ini benar-benar dipanggang dengan sempurna dan rasanya luar biasa.

Kelezatannya egg tart ini masih terbayang hingga sekarang. Belum bisa hilang. Masih terngiang. Kue ini adalah salah satu makanan terlezat yang pernah saya cicipi. Sudah pasti akan masuk daftar makanan favorit saya. Jika ada alasan untuk kembali ke Macau, maka alasan saya adalah kue ini. Portuguse Egg Tart adalah warisan terbaik dari bangsa Portugal untuk Macau.

Pastelaria Koi Kei's Portuegese Egg Tart

No comments:

Post a Comment