Friday, November 23, 2012

Kunjungan Kilat ke Gardens By The Bay & Marina Bay Sands

Changi Airport MRT Station. Pukul 05.30 pagi. Saya dan pacar saya, Risty menunggu kereta pertama menuju pusat kota Singapura. Kami hanya berencana untuk kabur sejenak dari bandara menunggu penerbangan ke Hong Kong yang dijadwalkan pukul 11.00 siang.

Dengan mempertimbangkan jarak, waktu perjalanan, serta keinginan saya untuk melihat tempat itu untuk pertama kalinya, kami akhirnya sepakat memilih Marina Bay Sands sebagai tujuan pelarian. Terlewat kereta pertama, kami akhirnya naik MRT kedua yang hanya berselisih kurang dari 5 menit. Setelah menempuh 45 menit perjalanan, kami tiba di stasiun Marina Bay Sands.

Ternyata kami salah stasiun. Kami terkecoh oleh nama stasiun. Gedung objek tujuan memang terlihat jelas dari stasiun itu, namun jaraknya masih sangat jauh. Seorang petugas di stasiun itu pun menyarankan agar kami naik MRT lagi menuju stasiun Bayfront.

Setibanya di Bayfront, kami dibingungkan oleh banyaknya pilihan tempat di Marina Bay Sands akan dikunjungi, mengingat sangat luasnya tempat itu. Pilihan kami jatuh kepada Gardens By The Bay. Setelah menelusuri lorong-lorong yang cukup panjang, saya dan Risty tiba di sana.

Yang pertama kami lihat adalah gedung Marina Bay Sands. Gedung itu berdiri gagah tepat berada di belakang kami. Gedung itu sangat unik. Iconic. Bangunannya terdiri dari tiga buah gedung pencakar langit modern yang diatasnya bertopikan sebuah taman angkasa yang bentuknya menyerupai papan selancar yang membentang panjang dan menyatukan ketiga gedung itu.

Sementara itu di hadapan kami terlihat Gardens by The Bay punya konsep yang cukup menarik. Di halaman kebun itu ada sebuah sungai yang mengalir dengan jalan setapak beralaskan kayu yang berada di sepanjang tepian. Di area ini juga nampak terlihat sebuah Ferris Wheel raksasa. Jembatan-jembatan cantik juga menghiasi area ini. Dari atas jembatan pemandangan sekitar jauh terlihat lebih cantik. Ciri khas kebun modern ini yaitu banyaknya pilar-pilar tinggi mirip menara yang terlihat seperti pohon beton beranting besi.

Suasana dan pemandangan di sekitar Gardens by The Bay sangat pas untuk sekedar menghirup segarnya udara pagi sambil berjalan kaki. Sangat cocok untuk duduk-duduk santai sambil minum kopi atau makan roti. Sangat tepat untuk menikmati pagi.