Friday, November 23, 2012

#CeritaHongKong : A Symphony Of Lights

Tsim Sha Tsui, Kowloon. Pukul 19.30 waktu Hong Kong. Dari pinggir Victoria Harbour dan sepanjang jalan Avenue of Stars, ada pemandangan yang menarik. Di seberang lautan yang memisahkan Kowloon dan Hong Kong Island, nampak terlihat puluhan gedung pencakar langit yang berjejer rapih. Berlatar belakang bukit-bukit memanjang, gedung-gedung itu terlihat cantik dengan lampu warna warni yang menghiasi tubuh mereka.

Puluhan hingga ratusan orang memenuhi tempat yang berada tepat di pinggir laut itu. Mereka menantikan sesuatu. Mereka menatikan sebuah pertunjukan yang berjudul A Symphony of Lights.

Tepat pukul 20.00, terdengar suara wanita dari sebuah pengeras suara yang terletak di seberang pulau. Sebuah narasi berbahasa Cina. Berbarengan dengan itu, iringan musik pun mulai terdengar. Pertunjukan dimulai.

Lima menit berlalu, gedung-gedung belum menujukan perubahan yang berarti. Belum ada kilatan-kilatan cahaya yang gemerlap. Semuanya masih tampak sama, hanya kini musik mulai terdengar lebih keras.

Tak lama kemudian, salah satu gedung mulai mengluarkan tiga buah cahaya putih kebiruan yang ditembakan ke angkasa. Selanjutnya gedung di sebelahnya mulai menembakan tiga cahaya laser berwarna hijau ke langit.

Sesekali tembakan cahaya laser ditembakan jauh ke seberang hinggap di dinding gedung yang terletak di tepat di belakang saya. Cahaya yang menempel di dinding itu membentuk macam-macam gambar.

Saya mulai mengharapkan sesuatu yang spektakuler. Berharap cahaya yang dikeluarkan mulai bervariasi dan melihat tembakan-tembakan cahaya laser yang setidaknya menyamai meriahnya pesta tahun baru. Namun, semuanya itu tidak terjadi. Ekspektasi saya terlalu tinggi.

Pertunjukan yang berlangsung kurang lebih setengah jam itu berjalan monoton. Kurang variatif dan membosankan. Cahaya laser yang ditembakan tidak seperti yang saya bayangkan. Jumlahnya sangat minim. Paling-paling hanya ada tiga sampai enam cahaya laser yang ditembakan ke udara dari gedung-gedung itu. Kurang meriah.

Menurut kacamata saya, A Symphony of Lights bukanlah sebuah pertunjukan yang spektakuler. Cukup mengecewakan dan membosankan. Mungkin karena ekspetasi saya yang berlebihan.

Namun demikian, Victoria Harbour adalah salah satu tempat di Hong Kong yang wajib dikunjungi. Berjalan di pinggir laut sambil memandangi cantiknya gedung-gedung pencakar langit yang sedang bercahaya adalah salah satu kegiatan sangat menyenangkan untuk menikmati malam.

A Symphony of Lights
Pemandangan Sepanjang Victoria Harbour


No comments:

Post a Comment