Friday, November 23, 2012

#CeritaHongKong : Chungking Mansions & Ashoka Hostels



Bus A21 yang kami tumpangi dari bandara International Hong Kong akhirnya berhenti di Middle Road, Nathan Road di daerah Tsim Sha Tsui. Saya dan Risty bergegas keluar dari bus dan segera mencari Chungking Mansions, bangunan tempat dimana hostel yang dituju berada.

Setelah melangkah sekitar 50 meter, saya melihat sebuah layar elektronik besar dan sebuah pintu masuk yang diatasnya menempel papan nama dari marmer yang cukup besar bertuliskan Chungking Mansions. Dari bawah sekilas bangunan ini terlihat cukup megah, namun jika diamati lebih teliti dan melihat bagian atas gedung, maka kondisi bangunan sebenarnya akan terungkap.

Gedung yang  berdiri menjulang tinggi itu mirip rumah susun kelas menegah kebawah. Diantara gedung-gedung di sekitar Nathan Road, Chungking Mansions terlihat paling kuno. Saat itu, gedung terlihat baru direnovasi. Sudah mulai rapih meskipun masih ada yang dalam proses pengerjaan.

Di depan Chungking Mansions banyak sekali terlihat kerumunan orang-orang India. Melihat kami kebingungan, salah satu dari mereka pun langsung menghampiri dan menawarkan penginapan. Risty kemudian menyodorkan kertas konfirmasi booking hostel dan kemudian bertanya kepada mereka bagaimana caranya mencapai tempat itu.

“Ohh Ashoka Hostel…just go straight and take the elevator on the left and go to 13th floor.” Ujar orang India itu memberi petunjuk.

Pertama kali masuk ke Chungking Mansions, suasana yang saya rasakan mirip ketika saya mengunjungi sebuah pasar. Atmosfirnya mirip seperti di Melawai, Jakarta. Kios-kios kelontong, mini market tempat makan, dan money changer menghiasi lantai dasar Chungking Mansions.

Perasaan saya juga sedikit was-was dan kurang nyaman melihat bangunan itu dipenuhi oleh orang-orang dari Asia Selatan dan Afrika. Membuat saya sedikit khawatir akan keamanan. Entah kenapa, sempat terbesit dalam benak saya kalau saya sedang memasuki sarang penyamun. Suasananya cukup mencemaskan.

Tapi pikiran negatif saya segera memudar, setelah saya melihat banyaknya turis bule disana. Banyak juga dari mereka yang sedang mengantri lift. Jika dilihat dari tas ransel yang digendong dan barang-barang yang dibawa, sepertinya mereka akan bermalam di sana. Kondisi itu cukup menenangkan hati saya.

Untuk naik ke atas butuh sedikit perjuangan. mengingat terbatasnya kapasitas lift yang hanya bisa memuat maksimal 5-6 orang dan banyaknya orang yang mau naik. Antrian panjang pun tak bisa dihindari. Antrian terbagi dua. Sebelah kiri untuk lantai genap, sebelah kanan untuk lantai ganjil. Keduanya panjang mengular seperti antrian nasabah bank di kala jam sibuk.

Hampir setengah jam sampai akhirnya kami bisa masuk ke dalam lift. Perjalanan dari lantai dasar menuju lantai 13 tidak secepat yang dibayangkan. Liftnya sudah kuno. Jalannya agak tersendat. Cukup mengkhawatirkan. Mungkin sewaktu-waktu bisa nyangkut diantara lantai-lantai. Untungnya hal itu tidak terjadi dan kami tiba di lantai 13 dengan selamat.

Ketika pintu lift terbuka, langsung terlihat papan nama Ashoka Hotel dengan arah panah ke kanan. Kami segera menuju resepsionis untuk check-in. Dengan ramah, tiga orang yang semuanya orang India menyambut kami dan membantu menyelesaikan urusan administrasi pembayaran. Setelah selesai salah satu diantara mereka mangantarkan kami menuju kamar.

Kamar yang kami pesan adalah mixed dorm dengan 3 tempat tidur. Meskipun sempit dan ruang gerak terbatas, kamarnya cukup nyaman. Ada satu tempat tidur single dan satu tempat tidur dua tingkat. Di kamar itu juga ada kamar mandi yang bersih lengkap dengan pancuran air panas. Fasilitas lain di kamar itu adalah lemari loker dan kipas angin.

Tak ada AC disana. Jendela pun tidak bisa dibuka. Yang hanya ada ventilasi tempat keluar masuknya udara. Namun demikian udara di tempat itu tidak pengap, tidak membuat saya sesak napas. Suhu kamarnya pas. Tidak membuat badan gerah atau kedinginan.

Dengan harga murah, HK$ 150 per malam, apa yang kami dapat sesuai dengan yang kami bayar. Jauh dari kemewahan namun cukup nyaman untuk sekedar menjadi tempat untuk beristirahat.

Ashoka Hostel Review (Skala 1-5)
Kebersihan                 :  3,5
Lokasi                        :  5
Staff                          :  4
Harga                        :  4.5
Kenyamanan              :  3
Keamanan                  :  4

Chungking Mansions, Photo : mithuonthe.net

Kamar Ashoka Hostel


No comments:

Post a Comment