Wednesday, February 27, 2013

#CeritaMaluku : Ora Beach Resort

Ora Beach Resort bukan tempat penginapan biasa. Tempat ini menawarkan sesuatu yang istimewa. Di sana ada panorama laut dengan sejuta pesona. Indah, serta penuh dengan rasa damai luar biasa. 

Resort ini punya 6 pondok unik. Semuanya berdinding dan berlantai kayu serta beratapkan jerami. Ditopang oleh kaki-kaki bangunan yang kuat, pondok-pondok itu terlihat kokoh berdiri di atas permukaan laut. Sekilas bentuknya mirip gubuk sederhana. Selain itu, ada 6 kamar penginapan standar di pinggir pantai serta sebuah restoran.

Yang paling istimewa sudah pasti adalah pondok yang berdiri diatas permukaan laut. Kamarnya luas dan nyaman. Kamar mandinya bersih. Dan yang menjadi favorit saya adalah terasnya. Di teras itu saya bisa duduk dengan tenang menikmati indahnya pemandangan laut sambil ditemani oleh merdunya orkestra alam yang terdiri dari perpaduan suara tiupan angin, kicau burung, serta suara ombak. Sungguh damai rasanya.

Air laut di Ora sangat indah berwarna biru kehijauan. Jernih. Khususnya pada pagi hari. Dari kejauhan saya dapat melihat jelas ikan-ikan kecil yang sedang bermain di terumbu karang. Jika ingin berenang, tak perlu repot, tinggal loncat dari sekitar teras.

Kegiatan menyenangkan lainnya adalah berjalan di sepanjang pantai. Pantai Ora adalah sebuah private beach. Bebas dari jamahan turis massal. Pantai ini benar-benar serasa milik pribadi. Suasananya sepi. Bebas dari ramai. Damai.

Dengan bantuan perahu motor yang disediakan, saya bisa mengunjungi tempat-tempat menarik di sekitar resort. Salah satunya adalah mata air Belanda. Jarak tempuhnya hanya 5 menit menggunakan perahu motor. Di sana ada sebuah pantai landai berpasir putih lembut. Dan yang membuat tempat itu istimewa adalah mata air yang membentuk sungai kecil. Mengalir dari pegunungan hingga ke laut. Airnya dingin. Kadang air itu keluar dari lubang-lubang pasir kecil yang ada di pantai. Konon tempat ini ditemukan oleh bangsa Belanda, sehingga dinamakan oleh penduduk setempat mata air Belanda.

Mata Air Belanda

Di sekitar Ora juga banyak tempat ideal untuk snorkeling. Jaraknya kurang lebih 5 - 10 menit ke arah kanan resort. Di sana banyak terdapat tebing-tebing menjulang tinggi. Seperti yang saya temui di Ha Long, Vietnam dan sekitar Phi-Phi, Thailand.

Hanya satu hari saya berada di sana. Namun tempat ini sungguh berkesan di hati. Sungguh sebuah tempat yang layak dikunjungi. Kini saya tahu, Surga ternyata punya cabang di Maluku Utara. Letaknya di Pulau Seram. Ora Beach Resort namanya.

* Jika Anda ingin berkunjung ke sana, untuk informasi lebih lengkap silahkan klik link ini
 

Ora Beach Resort



No comments:

Post a Comment